Breaking

Selasa, 31 Oktober 2023

2.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

 


Tulisan ini disajikan untuk memenuhi tugas Calon Guru Penggerak Modul 2.1 Koneksi Antar Materi


·         Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Pembelajaran berdiferensiasi ini dapat dilakukan di kelas dengan terlebih dahulu mencari tahu karakteristik masing-masing siswa adalah dengan mengamati gaya belajar mereka. Misalnya ada siswa yang lebih tertarik pada hal yang sifatnya visual, maka cara pemberian materi dan produk hasil belajar pun diharapkan akan dalam bentuk visual. Cara lainnya bisa dengan melihat dan mengamati tugas-tugas yang sudah dikerjakan siswa. Guru dapat berdiskusi dengan guru mata pelajaran lain tentang kemampuan siswa tersebut ketika menerima materi pelajaran. Selain itu, guru juga dapat membuat pertanyaan pemantik untuk mengetahui minat dan karakteristik siswa. Misalnya pertanyaan tentang kebiasaan belajar siswa, ada siswa yang lebih senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang lebih senang dalam kondisi sepi, atau mungkin dan ada yang bisa belajar sambil menonton televisi, dan masih banyak lagi.


·         Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal karena setiap siswa dilahirkan dengan kondisi yang berbeda. Baik dalam hal ekonominya, social budayanya, lingkungan tempat tinggalnya, watak, karakter, minat dan bakatnya, maupun tingkat emosional dan kecerdasannya. agar bakat dan minat yang dimiliki murid berkembang dan mencapai hasil belajar yang optimal diperlukan peran guru dalam memodifikasi pembelajaran dengan sedemikian rupa agar kebutuhan belajar murid yang berbeda beda tersebut terpenuhi.

Pembelajaran berdiferensi berkaitan dengan materi-materi sebelumnya dalam program guru penggerak dimana dalam pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan filosofi KHD yaitu berpihak pada murid, dan juga sesuai dengan peran dan nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid yang jika ini terwujud akan menghasilkan budaya positif di sekolah karena apa yang menjadi tujuan pembelajaran akan tersampaikan dengan baik. 

·  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar