Tulisan ini disajikan untuk memenuhi tugas Calon Guru
Penggerak Modul 2.1 Koneksi Antar Materi
·
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan
pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah
pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi
dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa
tersebut.
Pembelajaran berdiferensiasi ini
dapat dilakukan di kelas dengan terlebih dahulu mencari tahu karakteristik
masing-masing siswa adalah dengan mengamati gaya belajar mereka. Misalnya ada
siswa yang lebih tertarik pada hal yang sifatnya visual, maka cara pemberian
materi dan produk hasil belajar pun diharapkan akan dalam bentuk visual. Cara
lainnya bisa dengan melihat dan mengamati tugas-tugas yang sudah dikerjakan
siswa. Guru dapat berdiskusi dengan guru mata pelajaran lain tentang kemampuan
siswa tersebut ketika menerima materi pelajaran. Selain itu, guru juga dapat
membuat pertanyaan pemantik untuk mengetahui minat dan karakteristik siswa.
Misalnya pertanyaan tentang kebiasaan belajar siswa, ada siswa yang lebih
senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang lebih senang dalam kondisi
sepi, atau mungkin dan ada yang bisa belajar sambil menonton televisi, dan
masih banyak lagi.
·
Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat
memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang
optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul
ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat
memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal
karena setiap siswa dilahirkan dengan kondisi yang berbeda. Baik dalam hal
ekonominya, social budayanya, lingkungan tempat tinggalnya, watak, karakter,
minat dan bakatnya, maupun tingkat emosional dan kecerdasannya. agar bakat dan
minat yang dimiliki murid berkembang dan mencapai hasil belajar yang optimal
diperlukan peran guru dalam memodifikasi pembelajaran dengan sedemikian rupa
agar kebutuhan belajar murid yang berbeda beda tersebut terpenuhi.
Pembelajaran berdiferensi berkaitan
dengan materi-materi sebelumnya dalam program guru penggerak dimana dalam
pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan filosofi KHD yaitu berpihak pada
murid, dan juga sesuai dengan peran dan nilai guru penggerak yaitu berpihak
pada murid yang jika ini terwujud akan menghasilkan budaya positif di sekolah
karena apa yang menjadi tujuan pembelajaran akan tersampaikan dengan baik.
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar