Breaking

Minggu, 05 November 2023

Koneksi antar materi modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

 


Achmad Rosidi, M.Pd

CGP Angkatan 9 SMKN 18 Jakarta

 

Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

Seorang pendidik (guru) yang memiliki kompetensi sosial emosional yang baik akan berpengaruh terhadap gaya mengajar dan sikapnya terhadap murid. Ia akan mampu mengendalikan dirinya dengan baik dengan membedakan antara masalah pribadi dan tugas ia sebagai seorang pendidik.

Seorang pendidik yang memiliki kompetensi sosial emosional yang stabil akan berpengaruh pula terhadap lingkungan dimana tempat ia bekerja. Ia akan mampu menempatkan dirinya dengan baik dimana saja ia berada dan siap pada situasi apapun.

Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?

Kaitan materi ini dengan materi sebelumnya adalah kompetensi sosial emosional sebagai faktor pendukung dalam menunjang keberhasilan pembelajaran yang berdiferensiasi, dimana murid-murid kita sangat beragam dan semua butuh perhatian yang sama. Dibutuhkan kesadaran penuh mindfullness yang baik agar kegiatan pembelajaran tersebut dapat berjalan dan memenuhi kebutuhan murid, yang menyenangkan merdeka belajar bagi anak (well-being).

Pengalaman dan pemahaman

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa kompetensi sosial dan emosional harus dimiliki oleh guru konseling saja, sehingga tidak perlu mempelajarinya lebih dalam.

Setelah mempelajari modul ini, ternyata kompetensi sosial dan emosional tidak hanya harus dimiliki oleh guru konseling saja, tetapi juga oleh guru-guru lain dan juga tenaga kependidikan agar terciptanya lingkungan yang baik dan terjalin hubungan yang baik antara guru dengan guru, guru dengan karyawan, guru dengan murid dan murid dengan murid.

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being), 3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah:

  • ·         Penerapan PSE berbasis kesadaran penuh yang terhubung, terkoordinasi, aktif, fokus dan eksplisit dapat mendukung terwujudnya well-being ekosistem sekolah.
  • ·         Peningkatan 5 (lima) kompetensi sosial emosional, yaitu kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab.
  • ·         Kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) kompetensi sosial dan emosional.

Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:

bagi murid-murid:

saya akan melaksanakan program-program sekolah yang bisa meningkatkan kompetensi sosial dan emosional siswa serta merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan kompetensi sosial emosional agar siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan saja tetapi juga dapat mengendalikan sosial emosionalnya.

bagi rekan sejawat:

saya akan melaksanakan dan berbagi praktik baik dengan rekan sejawat agar penerapan pembelajaran dengan sosial emosional dapat diterapkan di seluruh kelas dan dipraktekkan oleh seluruh warga sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar