Tulisan ini disajikan untuk memenuhi tugas Calon Guru Penggerak Modul 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1
Nama tugas : 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1
- Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?
- Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?
Sebelum mempelajari modul tentang
pemikiran Ki Hajar Dewantara saya merasa bahwa apa yang sudah saya lakukan dalam
mengajar dan mendidik peserta didik saya sudah tepat. Saya berikan kepada
mereka pemahaman dan perlakuan yang sama. Mereka belajar dengan cara dan metode
yang sama tanpa memperhatikan kelebihan dan kekurangan mereka. Saya kurang
memperhatikan bahwa mereka tidak sama dalam hal kemampuan belajar dan
kekurangan mereka. Kodrat alam dan zaman mereka tidaklah sama dengan saya
ketika masih belajar dulu.
Namun setelah mempelajari modul ini,
saya merasa bahwa apa yang telah dilakukan oleh saya selama mengajar dan
mendidik selama ini belum sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara. Jika dulu
saya mengajar bahwa setiap murid itu memiliki kemampuan yang sama, maka
sekarang saya sadar bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan yang
berbeda. Mereka dilahirkan dengan kodrat alam dan zaman mereka masing-masing.
Sesuai dengan pemikiran Ki Hajar
Dewantara bahwa pendidikan haruslah menyenangkan sesuai dengan “kodrat alam dan
zaman” mereka, mereka yang dilahirkan pada abad 21 dengan teknologi yang sudah
cukup maju tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan mereka.
Diantara pemikiran Ki Hajar Dewantara
lainnya yang perlu diketahui adalah mendidik bermakna “menuntun”, artinya
seorang pendidik haruslah dapat memahami seorang peserta didik dengan baik dan
mengarahkannya agar tidak salah sesuai dengan kodrat alam dan zaman mereka. Didalam
dan diluar kelas saya memperhatikan minat dan bakat tiap peserta didik saya,
saya arahkan mereka agar mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah sesuai dengan
minat dan bakat mereka. Hasilnya dalam satu kelas keikutsertaan mereka dalam
kegiatan ekstrakulikuler berbeda-beda. Bahkan mereka yang tadinya malu-malu dan
kurang aktif dalam komunikasi kini menjadi aktif seperti peserta didik lainnya.
Hal yang akan saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah menerapkan pembiasaan positif sebelum pembelajaran, seperti memeriksa kesiapan diri sendiri dan kelas agar ketika memulai proses pembelajaran siswa dapat fokus dan belajar dengan menyenangkan. mengenali karakter peserta didik sebelum mulai pembelajaran, kemudian menerapakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan sesuai metode student center dengan belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga bisa di luar kelas. selain itu juga saya akan menerapkan pada siswa saya untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif sesuai dengan kemampuan mereka.