Breaking

Kamis, 31 Agustus 2023

Modul 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Tulisan ini disajikan untuk memenuhi tugas Calon Guru Penggerak Modul 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1



Nama tugas     : 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

  1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?
  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
  3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?


Sebelum mempelajari modul tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara saya merasa bahwa apa yang sudah saya lakukan dalam mengajar dan mendidik peserta didik saya sudah tepat. Saya berikan kepada mereka pemahaman dan perlakuan yang sama. Mereka belajar dengan cara dan metode yang sama tanpa memperhatikan kelebihan dan kekurangan mereka. Saya kurang memperhatikan bahwa mereka tidak sama dalam hal kemampuan belajar dan kekurangan mereka. Kodrat alam dan zaman mereka tidaklah sama dengan saya ketika masih belajar dulu.

Namun setelah mempelajari modul ini, saya merasa bahwa apa yang telah dilakukan oleh saya selama mengajar dan mendidik selama ini belum sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara. Jika dulu saya mengajar bahwa setiap murid itu memiliki kemampuan yang sama, maka sekarang saya sadar bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda. Mereka dilahirkan dengan kodrat alam dan zaman mereka masing-masing.

Sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan haruslah menyenangkan sesuai dengan “kodrat alam dan zaman” mereka, mereka yang dilahirkan pada abad 21 dengan teknologi yang sudah cukup maju tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan mereka.


belajar dengan menggunakan teknologi sesuai dengan kodrat alam dan zaman 

Diantara pemikiran Ki Hajar Dewantara lainnya yang perlu diketahui adalah mendidik bermakna “menuntun”, artinya seorang pendidik haruslah dapat memahami seorang peserta didik dengan baik dan mengarahkannya agar tidak salah sesuai dengan kodrat alam dan zaman mereka. Didalam dan diluar kelas saya memperhatikan minat dan bakat tiap peserta didik saya, saya arahkan mereka agar mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hasilnya dalam satu kelas keikutsertaan mereka dalam kegiatan ekstrakulikuler berbeda-beda. Bahkan mereka yang tadinya malu-malu dan kurang aktif dalam komunikasi kini menjadi aktif seperti peserta didik lainnya.  

Hal yang akan saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah  menerapkan pembiasaan positif sebelum pembelajaran, seperti memeriksa kesiapan diri sendiri dan kelas agar ketika memulai proses pembelajaran siswa dapat fokus dan belajar dengan menyenangkan. mengenali karakter peserta didik sebelum mulai pembelajaran, kemudian menerapakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan sesuai metode student center dengan belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga bisa di luar kelas. selain itu juga saya akan menerapkan pada siswa saya untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif sesuai dengan kemampuan mereka.